Fasih dan tenang ketika berbicara di depan umum bukanlah perkara mudah bagi sebagian orang. Apalagi ditambah senyum yang manis, pembawaan yang santai namun berkharisma tatkala berbicara di depan umum, ini menjadi impian banyak orang.Wajah yang pucat pasi, tubuh yang gemetar, suara yang terbata- bata bahkan kehilangan topik apa yang akan disampaikan saat berbicara adalah hal- hal sering terjadi manakala seseorang dihadapkan pada keadaan harus berbicara di depan umum. Bagaimana tips supaya kita bisa percaya diri kapan saja dan dimana saja? Yuk kita bahas bersama.

1. Kuasai Materi

Penguasaan materi secara baik merupakan satu hal yang sangat membantu untuk tampil percaya diri saat berbicara di sebuah forum. Maka upayakan untuk benar- benar mempelajari materi, banyak membaca segala hal yang berhubungan dengan topik yang akan dibicarakan lalu diskusi dengan orang- orang yang ahli mengenai materi yang akan kita bawakan. Tatkala kita benar- benar yakin sudah betul- betul menguasai materi dan paham seluruhnya, ini booster bagi rasa percaya diri hadir dari dalam diri kita.

2. Latihan Tampil

Shalihat fillah, berbicara dengan baik adalah sebuah keterampilan. Bukan hanya sebatas mampu mengucapkan dan mengeluarkan kata- kata dari lisan saja, akan tetapi keluwesan berbicara, keteraturan susunan kalimat ketika berbicara serta kefasihan pengucapan  butuh dilatih. Cara latihan yang paling mudah adalah dengan berbicara di depan cermin seakan- akan sedang berada di forum yang sesungguhnya. Lakukan latihan beberapa kali sampai materi yang sudah kita susun bisa kita tampilkan dengan baik.

3. Luruskan Niat

Sesungguhnya apapun yang kita lakukan di dunia ini akan di hisab oleh Allah. Karenanya, tatkala kita dberi kesempatan oleh Allah untuk berbicara di depan orang banyak, memaparkan suatu kebaikan dari lisan kita atau menyampaikan satu ilmu, atau hanya menyampaikan informasi untuk kebaikan orang lain, niatkan semua itu karena Allah, untuk Allah.

 

Dengan mengikutsertakan Allah,  kita sedang mengundang pertolongan Allah untuk sudi kiranya Allah memfasihkan lisan kita tatkala menyampaikan kebaikan tersebut. Insya Allah, apapun kebaikan yang diniatkan karena Allah, pasti penuh kebermanfaatan bagi kita di dunia  dan di akhirat.

 

Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,

وما لا يكون له لا ينفع ولا يدوم

“Segala sesuatu yang tidak didasari ikhlas karena Allah, pasti tidak bermanfaat dan tidak akan kekal.”

4. Berdoa

Tidak ada sedikitpun daya dan upaya yang dipunyai seseorang untuk melakukan sesuatu tanpa seizin Allah. Hanya atas izin Allah saja suatu kebaikan bisa kita dapatkan, dan hanya seizin Allah pula suatu keburukan bisa luput dari kita. Karenanya, upayakan untuk memperbanyak doa, memohon izin dan perkenan Allah untuk kelancaran dan kefasihan lisan kita manakala berbicara menyampaikan topik yang akan kita bahas di forum umum tersebut. Terlebih didetik- detik akan tampil, perbanyaklah melafadzkan doa yang dipanjatkan nabi Musa Alaihi Sallam ketika mendapatkan perintah untuk berdakwah kepada Fir’aun. Do’a ini terdapat pada firman Allah Ta’ala,

 

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي  وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي  يَفْقَهُوا قَوْلِي

“Musa berkata, ‘Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii’ [Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku”

5. Siapkan out fit yang nyaman dan sesuai dengan kegiatan

Penampilan kita menjadi salah satu pendukung bagi tampilnya kita dengan percaya diri saat di depan umum. Upayakan pemilihan out fit tidak berlebihan, sehingga tidak membuat kita risih atau cenderung mengalami kesulitan dan memberikan kesan yang nyaman di diri kita saat mengenakannya. Tampil di out door atau di in door, ruangan ber AC atau tidak, siapa yang jadi audiens kita kala tampil, menjadi pertimbangan kita ketika memilih out fit.

6. Perbanyak dzikir

Seringkali kita merasa semua persiapan sudah oke, namun deg- deg an atau nge blank ternyata masih terjadi juga. Untuk mengantisipasi lonjakan emosi serta ketidakmampuan kita dalam mengendalikan diri serta perasaan hati yang tak tentu, berdzikir adalah salah satu solusinya. Sehingga kita ketika itu tidak lagi berfokus pada rasa tegang dan deg- deg an yang kita alami, akan tetapi teralihkan dengan kita mengingat Allah melalui dzikrullah. Bukankah, hanya dengan mengingat Allah saja hati kita menjadi tenang?

 

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

 

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram”

7. Tawwakal

Penutup indah atas semua ikhtiar demi perform yang menakjubkan di depan umum adalah bertawwakal kepada Allah. Dia yang Maha membalasi semua upaya dengan balasan terbaik, Dia yang Maha menjadikan segala sesuatu dan Dia juga yang Maha Kuasa menolong segala urusan kita. serahkan sepenuhnya hasil dari semua persiapan yang telah dilakukan kepada kehendak Allah. Yakin, lnsya Allah pasti Allah tidak akan menyia- nyiakan niat dan upaya dan pasti memberikan yang terbaik.

 

Allah Ta’ala berfirman:

 

وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ

Semoga bermanfaat.

 

Penulis : Ummi Santy

berbagi ilmu

Silahkan bagikan ilmu ini pada yang lain!

1 komentar untuk “TIPS PERCAYA DIRI BERBICARA DI DEPAN UMUM”

Tinggalkan Komentar