Ikhlas adalah salah satu syarat diterimanya suatu amalan, di samping amalan tersebut harus sesuai tuntunan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tanpa ikhlas, amalan jadi sia-sia belaka.
Ibnul Qoyyim rahimahullah berkata,
لَا يجْتَمع الْإِخْلَاص فِي الْقلب ومحبة الْمَدْح وَالثنَاء والطمع فِيمَا عِنْد النَّاس إِلَّا كَمَا يجْتَمع المَاء وَالنَّار والضب والحوت فَإِذا حدثتك نَفسك بِطَلَب الْإِخْلَاص فَأقبل على الطمع أَولا فاذبحه بسكين الْيَأْس وَأَقْبل على الْمَدْح وَالثنَاء فازهد فيهمَا زهد عشّاق الدُّنْيَا فِي الْآخِرَة فَإِذا استقام لَك ذبح الطمع والزهد فِي الثَّنَاء والمدح سهل عَلَيْك الْإِخْلَاص
“Tidak akan berkumpul ikhlas di hati bersama suka pujian, sanjungan, dan tamak pada yang dimiliki manusia kecuali seperti berkumpulnya air dan api atau berkumpulnya dhobb (hewan gurun) dan ikan (hewan laut).
Jika jiwamu menginginkan ikhlas, maka pertama kali datangi si tamak, sembelih dia dengan pisau putus asa.
Kemudian datangi si puji dan si sanjung, zuhud/berpalinglah terhadap keduanya seperti zuhud/berpalingnya orang mabuk cinta dunia terhadap akhirat.
“Jika kamu telah lurus dalam menyembelih si tamak dan zuhud terhadap pujian dan sanjungan maka akan mudah bagimu ikhlas.”
Wallahu’alam bishawwab
[Al Fawa-id]