EMPAT MACAM CINTA

Empat macam cinta itu adalah:

1️⃣ Mahabbatullah atau Cinta Kepada Allah
Sebagai Dzat yang Maha Sempurna, mudah bagi kita untuk mencintai Allah. Oleh karena itu, hal ini saja belum cukup untuk menyelamatkan seseorang dari adzab Allah dan memperoleh pahala-Nya. Sebab. kaum musyrikin, penyembah salib, bangsa Yahudi, dan selain mereka juga mencintai Allah.

2️⃣ Mahabbatul maa yuhibbullah atau Mencintai Perkara yang Dicintai Allah
Perkara inilah yang memasukkan pelakunya ke dalam Islam dan mengeluarkannya dari kekufuran.

3️⃣ Al-Hubb lillah wa fillah atau Mencintai Karena Allah dan Dalam Ketaatan Kepada-Nya)
Hal ini merupakan syarat dari mencintai perkara yang dicintai oleh-Nya. Sungguh, mencintai sesuatu yang dicintai tidak akan tegak, melainkan dengan mencintai karena Allah dan dalam ketaatan kepada-Nya.

4️⃣ Al-Mahabbatu ma’allah atau Mencintai Selain Allah Bersama Allah
Hati-hati! Ini adalah kecintaan yang syirik. Barang siapa yang mencintai sesuatu bersama Allah bukan karena Allah, bukan sebagai sarana kepada-Nya, dan bukan dalam ketaatan kepada-Nya, maka dia telah menjadikan sesuatu tersebut sebagai tandingan bagi Allah. Seperti inilah kecintaan kaum musyrikin.

Nah, sesungguhnya ada satu macam lagi, bentuk cinta kelima yang tidak termasuk dalam pembahasan kali ini. Yaitu, rasa cinta yang sejalan dengan tabiat. Bentuknya adalah kecenderungan seseorang terhadap perkara yang sesuai dengan tabiatnya, seperti seseorang yang haus mencintai air, seseorang yang lapar mencintai makanan, seseorang yang mencintai tidur, istri, anak, dan sebagainya. Kecintaan ini tidak tercela, kecuali jika cinta tersebut melalaikan dari mengingat Allah dan yang menyibukkan hamba dari mencintai-Nya.

Semoga Allah melindungi kita dari semua bentuk-bentuk kecintaan yang justru membinasakan kita

 

berbagi ilmu

Silahkan bagikan ilmu ini pada yang lain!

Leave a Comment