Sudah tahu apa itu tauhid? Tauhid yaitu seorang hamba meyakini bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya dalam rububiyah (ketuhanan), uluhiyah (ibadah), Asma` dan Sifat-Nya.

 

Urgensi Tauhid: seorang hamba meyakini dan mengakui bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala semata, Rabb (Tuhan) segala sesuatu dan rajanya. Sesungguhnya hanya Dia yang Maha Pencipta, Maha Pengatur alam semesta. Hanya Dia lah yang berhak disembah, tiada sekutu bagiNya. Dan setiap yang disembah selain-Nya adalah batil. Sesungguhnya Dia Subhanahu wa Ta’ala bersifat dengan segala sifat kesempurnaan, Maha Suci dari segala aib dan kekurangan. Dia Subhanahu wa Ta’ala mempunyai nama-nama yang indah dan sifat-sifat yang tinggi.

 

Ibarat sebuah bangunan, bila sebuah bangunan tidak memiliki pondasi yang kokoh, tentu amat mudah bangunan roboh. Bukan hanya diterpa angin, mungkin hanya karena goyangan, goncangan yang sedikit saja bangunan tersebut mudah dirobohkan.

 

Maka secara kenyataan kita lihat dalam kehidupan, jika seseorang ingin membangun gedung yang tinggi ia akan memperhitungkan kedalaman pondasinya. Demikian pula, jika kita ingin bertakwa dengan maksimal dalam beragama, tentu kita perlu memperkokoh pondasi atau sendi dari agama itu sendiri, yaitu tauhid.

 

Dikutip dalam kajian materi Qowaidul arba oleh Ustadz Ali Musri Semjan Putra حفظه الله

 

Selasa, 19 Safar 1445 H/ 05 September 2023 M

berbagi ilmu

Silahkan bagikan ilmu ini pada yang lain!

Tinggalkan Komentar