Anggapan sial mengurangi tauhid seorang muslim dan dinilai syirik.

 

Penilaian syirik ini dilihat dari beberapa sisi: (1) bergantung pada sesuatu yang bukan sebab secara hakiki, (2) memutuskan suatu kejadian seakan-akan menentang takdir Allah, dan (3) mengurangi tauhid. Untuk menghilangkan persangkaan sial di sini hanyalah dengan tawakkal. Karena tawakkal terdapat ketergantungan hati pada Allah. Hadits yang telah lewat disebutkan, β€œNamun Allah-lah yang menghilangkan anggapan sial tersebut dengan tawakkal”.

 

Penulis Fathul Madjid (335) berkata, β€œAkan tetapi jika kita bertawakkal pada Allah dalam meraih maslahat dan menolak mudhorot, maka was-was untuk beranggapan sial akan hilang dengan izin Allah.”

 

Syaikh Sholeh Al Fauzan berkata, β€œPenyembuh dari beranggapan sial adalah dengan bertawakkal pada Allah. Kemudian meninggalkan anggapan sial dan tidak memiliki keraguan lagi dalam hati.” Ini perkataan beliau dalam I’anatul Mustafid (2: 16).

 

Ingatlah pelajaran dari firman Allah Ta’ala,

 

ΩˆΩŽΩ…ΩŽΩ†Ω’ يَΨͺΩŽΩˆΩŽΩƒΩ‘ΩŽΩ„Ω’ ΨΉΩŽΩ„ΩŽΩ‰ Ψ§Ω„Ω„Ω‘ΩŽΩ‡Ω ΩΩŽΩ‡ΩΩˆΩŽ Ψ­ΩŽΨ³Ω’Ψ¨ΩΩ‡Ω

β€œDan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. Ath Tholaq: 3).

 

Jangan menuduh kesialan itu pada tanggal, hari, angka, bulan, tempat atau nama anak. Buang jauh-jauh anggapan sial dan ganti dengan tawakkal pada Allah Ta’ala. Ketika mendapatkan hal yang tidak mengenakkan, ucapkanlah:

 

Ψ§Ω„Ω„Ω‘ΩŽΩ‡ΩΩ…Ω‘ΩŽ Ω„Ψ§ΩŽ ΩŠΩŽΨ£Ω’Ψͺِى Ψ¨ΩΨ§Ω„Ω’Ψ­ΩŽΨ³ΩŽΩ†ΩŽΨ§Ψͺِ Ψ₯ΩΩ„Ψ§Ω‘ΩŽ Ψ£ΩŽΩ†Ω’Ψͺَ ΩˆΩŽΩ„Ψ§ΩŽ ΩŠΩŽΨ―Ω’ΩΩŽΨΉΩ Ψ§Ω„Ψ³Ω‘ΩŽΩŠΩ‘ΩΨ¦ΩŽΨ§Ψͺِ Ψ₯ΩΩ„Ψ§Ω‘ΩŽ Ψ£ΩŽΩ†Ω’Ψͺَ ΩˆΩŽΩ„Ψ§ΩŽ Ψ­ΩŽΩˆΩ’Ω„ΩŽ ΩˆΩŽΩ„Ψ§ΩŽ Ω‚ΩΩˆΩ‘ΩŽΨ©ΩŽ Ψ₯ΩΩ„Ψ§Ω‘ΩŽ Ψ¨ΩΩƒΩŽ

β€œYa Allah, tiada yang dapat mendatangkan kebaikan kecuali engkau. Tidak ada yang dapat menolak bahaya kecuali engkau. Tidak ada daya dan upaya melainkan denganmu.”

 

Wallahu’alam bishowab.

 

πŸ“œ Baca penjelasan lengkapnya di:
https://rumaysho.com/2248-beranggapan-sial-berbau-syirik.html

 

Selasa, 26 Safar 1445 H/ 11 September 2023 M

berbagi ilmu

Silahkan bagikan ilmu ini pada yang lain!

Tinggalkan Komentar