Mungkin kita pernah merasakan khawatir atau takut berlebihan, bahkan sampai mengalami kepanikan.

 

Perasaan itu disebut gangguan kecemasan. Perasaan ini bisa mengakibatkan ketegangan, perasaan tidak nyaman, dan merasa dalam bahaya.

 

Lalu apa yang seharusnya kita lakukan agar tidak mengalami gangguan kecemasan?

 

Seperti yang disampaikan di atas:

“Orang yang paling bahagia, kecemasannya rendah sekali, adalah ulama-ulama, di antara ulama ada yang paling bahagia yaitu ulama ahli fikih”.

 

Pernyataan di atas menjelaskan bahwa orang yang memiliki ilmu akan berkurang kecemasannya. Kecemasan disebabkan oleh ketidakmampuan atau ketidaktahuan kita tentang sesuatu sehingga membuat berpikir berlebihan dan menimbulkan prasangka-prasangka yang buruk.

 

Maka dari itu “ILMU” adalah obatnya. Karena jika kita memiliki ilmu tentang sesuatu yang akan kita hadapi maka diri kita lebih merasa siap dan tergambarkan rencana-rencana yang akan dilakukan.

 

Begitu pentingnya menuntut ilmu bagi setiap muslim bahkan setiap manusia. Dan sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu syar’i karena ilmu syar’i mencakup hal baik kita lakukan di kehidupan dunia maupun di akhirat.

Wallahu’alam bishowab.

 

πŸ“œ Dikutip dalam pelatihan internal khusus tim Madrasah Mar’ah Shalihah yang berjudul, β€œkesadaran diri dalam mengemban amanah dakwah” berdama kak Yogi Kusprayogi Hafidzhahullahu ta’ala حفظه Ψ§Ω„Ω„Ω‡.

 

Senin, 15 Rabi’ul Akhir 1445 H/ 30 Oktober 2023 M

β€’β€’β€’β—βœΏββœΏβ—β€’β€’β€’

berbagi ilmu

Silahkan bagikan ilmu ini pada yang lain!

Tinggalkan Komentar