Tahukah kamu bahwa setiap waktu yang kita lalui adalah semakin mendekatkan kita kepada sebuah perbatasan yang pasti berakhir disana yaitu kematian.

Langkah demi langkah yang kita lakukan di dunia ini ataupun kita duduk atau berbaring, sejatinya perjalanan waktu semakin mengiring kita ke arah alam kubur.

 

Salah satu hilangnya keberkahan waktu merupakan salah satu tanda dekatnya hari kiamat, dimana Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dalam sabdanya:

“Ciri-ciri hari kiamat salah satunya adalah munculnya berbagai fitnah, merajalelanya harta, banyaknya pembunuh-pembunuhan, merajalelanya kebodohan, diangkatnya ilmu dan diantaranya adalah semakin dekat rasa waktu, semakin cepat berlalunya waktu”.

 

Wahai para muslimah marilah benar-benar memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, begitu banyak aktivitas-aktivitas yang membuat aktivitas kita menjadi berbuah faedah, berbuah keimanan, ketakwaan kepada Allah subhanahu wa ta’ala, diantaranya menuntut ilmu, membaca buku agama, mendengarkan kajian, berdzikir kepada Allah bahkan sebagian ulama mengatakan jika tanganmu yang sedang sibuk maka gunakanlah pula telingamu untuk mendengarkan bacaan Alquran gunakan untuk berdzikir kepada Allah subhanahu wa ta’ala sebagaimana firman Allah dalam surah Al-a’raf ayat 179

 

Ψ£ΩŽΨΉΩ’ΩŠΩΩ†ΩŒ Ω„ΩŽΨ§ ΩŠΩΨ¨Ω’Ψ΅ΩΨ±ΩΩˆΩ†ΩŽ Ψ¨ΩΩ‡ΩŽΨ§ ΩˆΩŽΩ„ΩŽΩ‡ΩΩ…Ω’ Ψ’Ψ°ΩŽΨ§Ω†ΩŒ Ω„ΩŽΨ§ ΩŠΩŽΨ³Ω’Ω…ΩŽΨΉΩΩˆΩ†ΩŽ Ψ¨ΩΩ‡ΩŽΨ§ ۚ Ψ£ΩΩˆΩ„ΩŽΩ°Ψ¦ΩΩƒΩŽ ΩƒΩŽΨ§Ω„Ω’Ψ£ΩŽΩ†Ω’ΨΉΩŽΨ§Ω…Ω Ψ¨ΩŽΩ„Ω’ هُمْ Ψ£ΩŽΨΆΩŽΩ„Ω‘Ω ۚ Ψ£ΩΩˆΩ„ΩŽΩ°Ψ¦ΩΩƒΩŽ هُمُ Ψ§Ω„Ω’ΨΊΩŽΨ§ΩΩΩ„ΩΩˆΩ†ΩŽ

Artinya: Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.

 

πŸ“œDikutip dalam kajian Kitabul Mar’ah yang berjudul β€œWanita alam mengoptimalkan waktu sehat dan luangnya” oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A Hafidzhahullahu ta’ala.

 

Selasa, 16 Rabi’ul Akhir 1445 H/ 31 Oktober 2023 M

β€’β€’β€’β—βœΏββœΏβ—β€’β€’β€’

berbagi ilmu

Silahkan bagikan ilmu ini pada yang lain!

Tinggalkan Komentar